BERITA BPSDM

Penggunaan APLIKASI E-KERJA SAMA BPSDM KEMENDAGRI

Penggunaan APLIKASI E-KERJA SAMA BPSDM KEMENDAGRI

APLIKASI E-KERJA SAMA BPSDM KEMENDAGRI

Disusun oleh:

Sub Bagian Kerja Sama BPSDM Kemendagri

  1. Latar Belakang

Dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk mewujudkan good governance dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan untuk memperkuat hubungan keterkaitan antar Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga dapat menunjang peningkatan pelayanan publik melalui sinergi potensi dan pertukaran pengetahuan dan teknolog hal ini bisa dilakukan salah satunya melalui kegiatan kegiatan kerja sama yang diselenggarakan secara profesional, transparan dan saling menguntungkan sesuai dengan aturan pokok yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Alasan utama diperlukan kerja sama antara pemerintah daerah adalah sudah diperkuat dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 yang menyebutkan salah satu integritas Aparatur Sipil Negara dapat diukur melalui kemampuan bekerja sama. Selain itu, terkait dengan kemampuan daerah dalam mengelola daerahnya agar berbagai masalah lintas wilayah administratif dapat diselesaikan bersama dan sebaliknya agar banyak potensi yang mereka miliki dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Konsekuensinya adalah harus dilakukan pembenahan kemampuan organisasi dan pengelolaan sumber daya manusia yang menangani kerja sama di tingkat daerah  dan hal ini meruapan suatu bentuk manajemen publik yang harus diperhatikan pemerintah saat ini, dan tidak semata membenahi kapasitas pengelolaan dari di tingkat pusat, dengan kata lain, pembenahan kemampuan kerja sama dilakukan pada setiap lini  institusi pemerintahanan baik tingkat Pemerintah Pusat maupun pada Pemerintah Daerah.

Untuk mendukung tugas dan fungsi pelaksanaan kerja sama yang profesional, transparan dan saling menguntungkan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri berupaya mengembangkan sumber daya manusia pemerintahan dalam negeri yang semakin kompetitif dan dinamis salah satunya adalah melakukan inovasi perubahan untuk pengelolaan kerja sama yang terstandar dan terkelola secara transparan, inovatif, dan komunikatif melalui penyusunan program aplikasi E-Kerja Sama di BPSDM Kementerian Dalam Negeri.

Program aplikasi E-Kerja Sama BPSDM Kementerian Dalam Negeri adalah sebuah program aplikasi komputer untuk mendukung dan mempermudah satuan kerja dalam melakukan mempermudah akses informasi terkait mekanisme pelaksanaan kerja sama pengembangan sumber daya manusia.

Untuk mengimplementasikan hasil program aplikasi e-kerja sama BPSDM Kementerian Dalam Negeri, aplikasi ini telah diluncurkan oleh Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri Bapak Teguh Setyabudi pada tanggal 24 Februari 2020 dengan disaksikan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Bapak Tito Karnavian pada acara “Sinkronisasi Program Pengembangan SDM Aparatur”.

Tolok ukur aplikasi E-Kerja Sama BPSDM Kementerian Dalam Negeri ini ditujukan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Satuan Kerja di lingkungan Kemendagri, Kementerian/Lembaga,dan BPSDM Provinsi se-Indoensia sehingga dapat meningkatkan efektivitas layanan dokumen kerja sama basis online, tersedianya basis data kebutuhan kerja sama, terbukanya potensi kerja sama pengembangan sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian/lembaga, dan Pemerintah Daerah, dan mempermudah akses informasi terkait mekanisme pelaksanaan kerja sama pengembangan sumber daya manusia.

 

  1. Manfaat Aplikasi E-Kerja Sama BPSDM Kementerian Dalam Negeri
  1. Manfaat secara umum adalah untuk mempermudah akses informasi terkait mekanisme pelaksanaan kerja sama pengembangan sumber daya manusia;
  2. Manfaat secara khusus adalah sebagai berikut:
  1. Mempermudah pengelolaan data kerja sama yang terstandar dan terkelola secara transparan, inovatif, dan komunikatif;
  2. Mempercepat efektivitas layanan dokumen kerja sama basis online;
  3. Menyediakan basis data kebutuhan kerja sama;
  4. Mempermudah adanya transparansi data pelaksanaan kerja sama pengembangan sumber daya manusia;
  5. Meningkatkan adanya potensi kerja sama pengembangan sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian/lembaga, dan Pemerintah Daerah; dan
  6. Mempercepat kemudahan komunikasi dan partisipasi para pemangku kepentingan.

 

  1. Pemangku Kepentingan (Stakeholder) yang dilibatkan

Aplikasi e-kerja sama memberikan peluang kerja sama bagi pengembangan kompetensi para ASN di lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian/Lembaga, dan BPSDM Daerah Provinsi seluruh Indonesia.

 

  1. Output (Keluaran) Aplikasi E-Kerja Sama

Terdapat 2 (dua) jenis pengguna yaitu pengguna sebagai admin dan pengguna untuk anggota, khusus pengguna bagi anggota akan terbagi menjadi 3 (tiga) output  pengguna program aplikasi E-Kerja Sama dimana masing-masing output akan memiliki program menu yang memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1.  Pengguna sebagai admin

Login Admin untuk memonitoring jumlah pendaftaran proposal dan verifikasi pendaftaran sampai informasi approval proposal. Login Admin akan mengelola keseluruhan data sebagai berikut:

  1. Data dari menu semua anggota baik yang berasal dari stakeholder BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Kementerian/Lembaga, dan BPSDMD Provinsi.
  2. Admin mengelola halaman beranda (dashboard homepage) yang terdiri dari pengelolaan data pendaftaran mitra kerja sama, data pengajuan luar negeri, dan data survey Kementerian Dalam Negeri;
  3. Admin mengelola halaman unduh (download page);
  4. Ádmin mengelola dan memperbaharui kalender kegiatan kerja sama, data kegiatan kerja sama dan informasi kerja sama bagi stakeholder.
  1. Pengguna sebagai anggota

Login user untuk mengakses informasi, dan pendaftaran proposal kerjasama. Login user terdiri dari 3 (tiga) jenis pengguna dengan fungsi yang akan dikelola masing-masing adalah sebagai berikut:

  1. Login user Kemendagri, akan mengakses data sebagai berikut:
  1. Menu untuk Informasi dan pendaftaran beasiswa kerjasama Khusus Kementerian Dalam Negeri;
  2. Menu kalender kegiatan;
  3. Menu data kerja sama;
  4. Menu survey kerja sama;
  5. Menu infografis; dan
  6. Menu whatsapp live chat.
  1. Login user Kementerian/Lembaga, akan mengakses data sebagai berikut:
  1. Menu  untuk Informasi dan pendaftaran kerja sama Khusus Kementerian/Lembaga;
  2. Menu kalender kegiatan;
  3. Menu informasi beasiswa;
  4. Menu data kerja sama;
  5. Menu survey kerja sama;
  6. Menu infografis; dan
  7. Menu whatsapp live chat
  1. Login user BPSDM Provinsi, akan mengakses data sebagai berikut:
    1. Menu untuk Informasi dan pendaftaran kerjasama Khusus BPSDM Provinsi;
    2. Menu kalender kegiatan;
    3. Menu beasiswa
    4. Menu data kerja sama;
    5. Menu survey kerja sama;
    6. Menu infografis; dan
    7. Menu whatsapp live chat

 

  1. Penutup

Sistem aplikasi e-kerja sama BPSDM Kemendagri memiliki prinsip yang Inovatif, Partisipatif, Tanggap, Efektif, dan Komunikatif (IPTEK). Inovatif berarti diharapkan pelayanan kerja sama dapat selalu melakukan pembaharuan dengan mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan semua pihak. Partisipatif berarti kegiatan pelayanan kerja sama memerlukan keterlibatan semua pihak untuk mencapai tujuan. Tanggap berarti, pelayanan kerja sama perlu adanya pemahaman dan responsif terhadap kebutuhan dari pemangku kepentingan. Efektif berarti, pelayanan kerja sama yang diberikan dapat dilakukan secara tepat guna dan mencapai tujuan. Dan, Komunikatif berarti, pelayanan kerja sama dapat memberikan pengaruh yang baik dan dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada pengguna kerja sama. Sehingga diharapkan seluruh stakeholder dapat memperoleh manfaat yang optimal dan efektif untuk melakukan kegiatan kerja sama terkait pengembangan sumber daya manusia.

Layout Aplikasi e-Kerja Sama BPSDM Kemendagri

      1. Buka Aplikasi e-kerja sama dengan Ketik https://bpsdmkemendagri.go.id untuk
        masuk ke Halaman Utama Web BPSDM Kemendagri.

                              

      1. Layout Halaman bagi Admin

                                 

      1. Layout Halaman bagi User